ANALISIS KEBIJAKAN MODEL PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) PADA SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DAERAH UNTUK MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK

Penulis:

Siti Supeni,

Oktiana Handini,

Luqman Al Hakim

 

Editor:

Anitia Trisiana

Sugiaryo

ISBN: 978-623-97981-8-5

Penerbit: UNISRI Press

Tahun Terbit: 2021, Oktober

Jumlah Halaman: x + 232

Ukuran buku: A5

SINOPSIS:

Buku “Analisis Kebijakan Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) Pada Sekolah Dasar (SD) Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Untuk Mendukung Kota Layak Anak” ini merupakan luaran hasil penelitian. Di dalam buku ini, digambarkan terkait pentingnya pendidikan karakter budaya daerah pada Sekolah Ramah Anak, dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Konsep dasar Sekolah Ramah Anak merupakan kebijakan global yang dikeluarkan oleh UNICEF. Diratifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kedalam Permen PPPA No. 8 Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu bagian dalam pembahasan buku ini utnuk mengimplementasikan di Sekolah Dasar (SD) untuk mengembangkan kebijakan dan programnya sesuai dengan konteks budaya daerah yang disesuaikan dengan karakteristik budaya daerahnya masing-masing.

Tulisan dalam buku ini merupakan serangkain hasil penelitian strategis nasional dengan didanai oleh Kemeristek Dikti Tahun 2021-2023, bekerja sama dengan mitra PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Surakarta. Penelitian dilakukan pada 4 Provinsi, yaitu di Kota Surakarta (Jawa Tengah), Kabupaten Aceh Tengah, Kota Samarinda (Kalimantan Timur), dan Kota Denpasar (Bali). Penulisan buku ditujukan untuk: 1) menganalisis kebutuhan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya daerah, 2) menghasilkan model pengembangan pendidikan karakter SRA berbasis budaya daerah, 3) membuat prosedur pengembangan pendidikan karakter berbasis budaya daerah sebagai asset pariwisata daerah, 4) menguji efektifitas model pengembangan pendidikan karakter berbasis budaya daerah pada Kota Layak Anak (KLA), 5) produksi buku panduan Sekolah Ramah Anak berbasis pendidikan karakter dan budaya daerah untuk digunakan pada SD di seluruh Indonesia, dilihat dari aspek edukatif, rekreatif, maupun kompetitif, 6) membuat konsep kebijakan tentang SRA berbasis seni budaya daerah sebagai potensi wisata daerah.

DOWNLOAD NASKAH LENGKAP BUKU: A5_FIX_NASKAH KEBIJAKAN_Siti Supeni dkk, 2021

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *