Program Fasilitasi Penerbitan Buku

Mengundang Bapak/ Ibu Dosen Universitas Slamet Riyadi untuk menulis Buku Referensi/ Buku Teks yang akan diterbitkan oleh Unisri Press.

Apa itu Buku Referensi?

“Buku referensi merupakan buku yang memuat suatu kompendium (himpunan) informasi, biasanya spesifik, yang dikumpulkan dalam bentuk buku untuk kemudahan referensi (acuan). Orang tidak perlu membaca dari awal sampai akhir untuk mendapatkan informasi yang dicari. Gaya penulisan umumnya seperti indeks atau daftar edisi buku dapat dimutakhirkan, umumnya tahunan.” (Pedoman Publikasi Ilmiah Ristekdikti, 2017: hal 71).

Persyaratan:

  1. Dosen aktif Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
  2. Memiliki naskah buku yang berkaitan dengan pembelajaran atau hasil penelitian dan ditulis dalam bentuk buku referensi, buku teks, atau monograf.
  3. Naskah buku harus asli/ hasil karya sendiri/ bebas plagiat (wajib menyertakan surat pernyataan keaslian naskah), serta sesuai dengan kaidah penulisan akademis  dan PUEBI.
  4. Naskah buku referensi, buku teks, atau monograf harus memenuhi unsur kelengkapan (standar) buku sebagai berikut.
  5. Prakata,
  6. Daftar isi,
  7. Batang tubuh yang terdiri dari Bab-Bab dan Subbab-Subbab,
  8. Daftar pustaka,
  9. Glosarium,
  10. Indeks,
  11. Profil penulis,
  12. Sinopsis (back coverbuku).
  13. Naskah buku diketik dalam format Doc./ Docx./ Rtf. dengan ketentuan sebagai berikut:
  14. Ukuran kertas A4,
  15. Huruf times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5
  16. Margin normal (atas, bawah, kanan, kiri = 1 inchi)
  17. Jumlah halaman isi teks utama 40 – 100 halaman(tidak termasuk prakata, daftar isi, daftar pustaka, glosarium, dan indeks),
  18. Naskah buku harus sesuai dengan bidang keahliannya, serta bukan hasil terjemahan, saduran, atau ringkasan tesis/ disertasi.
  19. Satu naskah buku boleh ditulis oleh 1 – 3 orang dengan bidang keahlian yang relevan.
  20. Naskah dikirimkan ke email unisripress@gmail.comdan segera melakukan konfirmasi ke pengelola Unisri Press.

Program ini ditutup hingga terdapat naskah yang dinyatakan layak terbit oleh Unisri Press (yang tercepat dan memenuhi kualifikasi), atau ditunggu selambat-lambatnya pada 22 Juni 2020. Satu buah naskah yang lolos akan difasilitasi untuk diterbitkan oleh Unisri Press secara gratis, dalam format B5 (standar Unesco). Penulis berhak mendapat 5 eksemplar bukti buku terbit.

 

Surakarta, 8 Juni 2020

TTD

Pengelola Unisri Press

Hasna Wijayati