Prosedur Penerbitan

  1. Penulis mengirimkan naskah dalam format file .doc atau .rtf, dan layout ukuran A5 (atau sesuai ukuran naskah buku yang akan diterbitkan) ke email Unisripress@gmail.com, lalu melakukan konfirmasi perihal pengiriman naskah kepada pengelola Unisri Press (Hasna/ 085 647 243 433).
  2. Unisri Press melakukan pengecekan naskah dan menilai apakah naskah bisa langsung terbit atau perlu revisi. Jika revisi, naskah akan dikembalikan ke penulis. Naskah yang dinyatakan layak terbit bisa segera diproses. Kelayakan terbit dinilai dari konten naskah lengkap dan bebas plagiat, serta sesuai dengan kaidah penulisan. Isi menjadi tanggung jawab penulis.
  3. Unisri Press menginformasikan perihal prosedur dan perkiraan biaya proses penerbitan (disesuaikan pada format/ jumlah halaman dan lain hal sesuai kesepakatan).
  4. Jika penulis setuju, penulis membayar biaya awal proses penerbitan minimal Rp 500.000/ naskah. Standar biaya penerbitan adalah Rp 850.000 untuk maksimal 150 halaman A5.
  5. Unisri Press memproses draft naskah meliputi: editing sederhana, layout, dan desain cover. Draft naskah diserahkan ke penulis. Jika penulis setuju, draft naskah lanjut ke proses cetak.
  6. Setelah proses cetak naskah dilakukan, penulis bisa melunasi biaya penerbitan dan mengambil buku cetak.
  7. Buku dicetak dalam jumlah 10 eksemplar yang akan didistribusikan ke penulis (5 buah), Perpustakaan Unisri (1 buah), Perpustakaan Nasional (2 buah), Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah (1 buah), dan sebagai arsip Unisri Press (1 buah).
  8. Penjualan buku penulis yang telah terbit, dapat dilayani melalui Unisri Press dengan sistem Pre Order, minimal 10 eksemplar. Penulis berhak mendapat royalti sebesar 20% dari harga jual.

UNTUK MEMUDAHKAN PROSES PENULISAN DAN EDITING, SILAKAN UNDUH TEMPLATE BUKU A5 BERIKUT:

TEMPLATE BUKU A5 UNISRI PRESS